Selasa, 03 Juli 2012

Smartphone Berprosesor Quad Core Mulai Ramai

Tidak hanya pada komputer atau laptop yang menggunakan prossesor quad core, para produsen ponsel mulai menghadirkan produk mereka dengan pembekalan prossesor quad core seperti pada produk HTC dan Samsung. Pengertian dari Prosesor Quad Core adalah penggunaan empat buah inti (core) prossesor dalam sebuah kemasan prossesor konvensional. Dalam penggunaannya sebuah prossesor yang menggunakan 4 inti dalam membagi proses tersebut sehingga kinerja akan terdongkrak.


Salah satu penyebab munculnya penggunakan prossesor quad core adanya kebutuhan dan penggunaan yang membutuhkan kinerja dan kemampuan yang lebih baik dalam segala kegunaan. Smartphone dengan penggunaan prossesor dual core yang dibekalkan pada smartphone kelas premium merupakan fitur yang standar oleh karena itu tidak heran apabila dalam jangka yang relatif singkat sudah muncul penggunaan prossesor quad core untuk menjalankan sebuah ponsel pintar.

Vendor besar HTC membekalkan produknya dengan prossesor quad core yaitu pada seri HTC One X yang juga merupakan smartphone pertama yang menggunakan prossesor dengan 4 inti. Tidak berselang lama pihak Samsung juga menggelontor pasar smartphone khususnya untuk kalangan high-end dengan smartphone berprossesor quad core seperti milik HTC yaitu Samsung Galaxy S III. Bagaimana dengan vendor lainnya? seperti berita yang terdengar pihak LG juga sudah mempersiapkan sebuah ponsel pintar yang menggunakan prossesor quad core yaitu LG Optimus 4X HD sebagai pesaing dari produk HTC dan Samsung.

Pihak lain yang juga ikut dalam persaingan ponsel berprosesor quad core adalah Huawei dengan mengeluarkan tiga buah jagoan yang salah satunya merupakan sebuah Tablet PC. Huawei akan menyiapkan 2 ponsel pintar andalannya yaitu Huawei Ascend D Quad dan Ascend D Quad XL sedangkan untuk tablet PC ada Huawei MediaPad 10 FHD.

Bagaimana dengan smartphone berprosesor dual core dan single core, apakah mereka akan hilang dengan hadirnya ponsel berprosesor quad core? Sangat mungkin semua itu bakal terjadi apabila respon pasar ponsel lebih condong menggunakan sebuah ponsel dengan prossesor quad core daripada dual core atau single core. Bagaimana dengan anda, apa yang akan anda pilih...

0 komentar :

Posting Komentar