Selasa, 17 Juli 2012

Android Jelly Bean - Aman Dari Serangan Hacker

Android Jelly Bean merupakan sistem operasi terbaru yang dirancang oleh google dan merupakan penerus dari Ice Cream Sandwich (ICS). Pada versi ini tingkat sistem keamanan sudah sangat ditingkatkan untuk mencegah para hacker menginstal malware pada handset tersebut. Android 4.1 alias Jelly Bean menerapkan perlindungan yang disebut ASLR (Address Space Layout Randomization) yang mengacak pengaturan posisi bidang data kunci.


ASLR sebenarnya juga sudah ada pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich tetapi pelaksanaannya kurang efektif di kenyataannya. Salah satu penyebab hal itu dikarenakan wilayah saat memuat data kunci eksekusi Android, libraries, heap dan stack masih di tempat yang sama sehingga hacker mudah dalam merancang penyerangan.

Tidak seperti pendahulunya, Jelly Bean menyediakan pengacakan yang dikenal sebagai position-independent executables. Hal ini akan menyulitkan proses eksploitasi buffer overflow dan memori korup yang rentan ditemukan pada platform mobile. Jelly Bean juga menyediakan pertahanan untuk mencegah eksploitasi kebocoran informasi yang menyebabkan eksploitasi OS lebih serius.

Jelly Bean merupakan sistem operasi Android terbaik untuk saat ini yang memberikan kenyamanan tanpa rasa khawatir akan serangan hacker. Semoga kedepannya semua vendor smartphone memperbarui perangkat mereka dengan sistem operasi terbaru ini. Bagaimana pendapat anda tentang Android 4.1 Jelly Bean, silahkan tuangkan pendapat anda di kotak komentar dibawah.

0 komentar :

Posting Komentar